Pengertian AKSI for School

AKSI for School adalah salah satu upaya untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan kompetensi siswa. Didesain  sebagai penilaian formatif yang ringkas, mencakup topik-topik yang esensial dan fundamental, disajikan dalam bentuk aplikasi komputer, berupa modul, sehingga memudahkan replikasi (penggandaan) dan dokumentais data, AKSI for School diharapkan menjadi salah satu pengayaan sumber belajar bagi siswa dan guru.

AKSI for School terdiri dari 3 modul besar, yiatu Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Setiap modul terdiri dari paket tes yang mencakup satu topik spesifik dengan jumlah maksimal 20 butir sehingga cukup untuk dilaksanakan pada satu jam tatap muka pembelajaran. Format soal mengombinasikan format soal obyketif dan soal construct responsive.. Modul aplikasi tidka hanya terdiri dari modul melakukan tes, namun juga modul penilaian untuk menentukan kebenaran jawaban siswa, serta modul hasil analisis. Agar siswa merasakan manfaat dari setiap modul untuk kehidupan mereka, pengaantar satu halaman yang mengupas urgensi topik tersebut pada kehidupan serta relevansi dengaan kompetensi dasar yang termuat dalam kurikulum disajikan.

Sebagai pendorong hasil AKSI for School menjadi umpan balik pembelajaran, maka modul resep mengupas setiap soal dan mendiagnosa kelemahan yang terjadi pada siswa yang salah mengerjakan soal. Diharapkan modul lengkap AKSI for School dapat menjadi model asesmen formatif yang menginspirasi pembelajaran. Ataupun nantinya bapak/ibu guru dapat membuat soal yang serupa tipenya dengan soal yang ada pada aplikasi tersebut, walaupun bapak/ibu belum bisa menambahkan atau mengedit soal yang tersedia, namun paling tidak bisa menambah perbendaharaan model atau tipe soalnya.



Back to Top ↑

Tujuan AKSI for School

Buat apa sih sebenarnya AKSI For School? Tujuan pemanfaatan Asesmen Komptensi Siswa Indonesia (AKSI) for School adalah :
  1. Meningkatkan pemehaman guru mengenai asesmen tingkat kelas dan fungsinya bagi umpan balik pembelajaran
  2. Memberikan pemahaman substansi topik-topik yang mencakup pada AKSI for School. Topik matematika meliputi : (1) pola bilangan, (2) persamaan dan rumus, (3) bentuk aljabar, (4) bilangan cacah dan bilangan bulat, (5) peluang, (6) interpretasi data, (7) pengaturan dan representasi data, (8) pengukuran, (9) bentuk-bentuk geometris, (10) lokasi, pergerakan, dan spasial, (11) rasio, proporsi dan persentase, (12) pecahan dan desimal. Topik IPA meliputi : (1) gaya dan gerak, (2) perubahan pada lingkungan, (3) perkembangan dan siklus hidup orga, (4) keanekaragaman, adaptasi dan seleksi, (5) ekosistem, (6) struktur, fungsi dan proses organisme, (7) karakteristik dan klasifikasi makhluk hidup, (8) jenis, sumber dan konversi energi, (9) panas dan suhu, (10) kesehatan manusia, (11) cahaya dan optik, (12) listrik dna magnet, serta (13) wujud benda dan perubahan fisika. Topik bahasa indonesia meliputi (1) eksposisi, (2) eksplanasi, (3) narasi, (4) deskripsi, (5) teks laporan, (6) teks prosedur


Back to Top ↑

Ruang Lingkup AKSI for School

Ruang Lingkup AKSI for School adalah :
1. Modul aplikasi AKSI for School
2. Subtansi matematika
3. Subtansi IPA
4. Subtansi Bahasa Indonesia

Back to Top ↑

Video AKSI for School

Silakan disimak :


Back to Top ↑

Download Aplikasi AKSI for School

Berikut adalah link Download Aplikasi AKSI For School edisi revisi 29 Agustus 2018


Back to Top ↑

Dari semua informasi update di atas, semoga para pembaca mendapat manfaat, semua informasi berasal daro Modul Pelatihan Pemanfaatan AKSI for School saat pelatihan.

Pencarian relevan : AKSI For School, apa itu AKSI For School, Download Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) For School, Modul Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) For School, Download AKSI for school

Happy Blogging!