Permendikbud Tentang Zonasi PPDB 2019 Akankah Terbit?

Permendikbud Tentang Zonasi PPDB 2019 - Tak terasa liburan semester pertama / gasal sudah hampir selesai. Akan memasuki tahun baru 2019, di pengujung 2018, permendikbud yang mengatur sistem zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019 belum juga terbit. Akankah nantinya akan berlau sistem zonasi di jenjang SMP/SMA?

Orang tua yang anaknya akan memasuki jenjang pendidikan SMP dan SMA galau karena sistem zonasi. Mereka waswas bila dalam zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019 justru membuat peluang mendapatkan sekolah negeri makin kecil. Hal ini juga yang terjadi di Wonosobo pada awal tahun pelajaran 2018/2019, terutamaa jenjang SMA

Seperti yang dilansir di jpnn.com, bahwa "Kami dapat informasi soal regulasi PPDB 2019. Katanya mau ada perubahan sistem zonasi, yakni berdasar alamat sekolah pendaftar. Bukan alamat rumah," kata Yessy, orang tua murid yang anaknya akan masuk SMP tahun depan kepada JPNN, Jumat (28/12).

Sebagai ilustrasi, Anak kami tadinya bersekolah di SD swasta. Namun, kami menginginkan putrinya bisa melanjutkan pendidikan di SMP negeri. Kebetulan dekat rumah ada SMP negeri yang bagus. Cuma kalau temannya, kalau yang rumahnya agak jauh dan diluar zona, mengacu ke alamat rumah yang berlaku sebelumnya, maka harus mengakali ganti alamat, ganti KTP biar bisa masuk zonasi yang dikehendaki

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad menjelaskan, Permendikbud soal zonasi PPDB 2019 belum ditetapkan sehingga belum bisa dijelaskan detil. Namun, zonasi PPDB diberlakukan agar tidak ada sekolah favorit dan tidak favorit.

Selain itu untuk memudahkan siswa menjangkau sekolahnya. Agar tidak ada lagi siswa yang tempat tinggalnya di Jakarta Selatan tapi sekolahnya di Jakarta Barat.

Jadi tunggu saja Permendikbudnya. Insyaallah Januari 2019 sudah ditetapkan dan langsung disosialisasikan," tandasnya.

Sumber : jpnn.com

Pencarian relevan : Permendikbud Tentang Zonasi PPDB 2019, Download Permendikbud Tentang Zonasi PPDB 2019

Tags:
Reaksi:

Artikel Terkait:

Tambahkan aplikasi Mr Hadi Dot Com di smartphone tanpa install, buka Mr Hadi Dot Com dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Mr Hadi Dot Com dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar