Skip to main content
MR HADI DOT COM

follow us

Download Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SMP (INOBEL) 2019

Download Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SMP (INOBEL) 2019 - Untuk menyikapi tantanga pendidikan di abad ke-21, guru diharapkan mampu mengembangan pembelajaan yang inovatif, aktif, dan kreatif.

Pemerintah tela berupaya merealisasikan tujuan tersebut melalui Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 41 ayat (3) dengan memfsilitasi satuan pendidikan, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu. Pendidikan yang bermutu adala pendidikan yang berfngsi untuk menyiapkan peserta didik agar dapat menghadapi tantangan perubaan dalam kehidupa lokal, nasional, dan global. Tujuan pembelajaran yang inovatif diharapkan mampu mengasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kreatif, kritis komunikatif, dan kolaboratif.

Panduan Lomba INOBEL Tahun 2019 Jenjang SMP

Hal ini sejalan dengan Permendikbud No.22 Taun 2016 tentang Standa Proses Pendidikan Dasar dan Menenga pada Bab I yang menyatakan "proses pembelajaa pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangan, menantang, memotivasi peserta didik untuk beratisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup, bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik".



Pembelajaan di sekolah merupakan salah satu proses penting untuk meningatkan mutu pendidikan secara berkesinambungan. Proses pendidikan hendaknya memfsilitasi peserta didik untuk memiliki kemapuan memecahkan masalah sehingga dapat hidup selaras sebagai warga dunia yang baik. Untuk mewujudkan harapan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menyelenggarakan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tingkat Nasional Tahun 2019 dengan tema: "Inovasi Pembelajaran untuk Meningktkan Keterampilan Pembelaaran Abad 21 dan Era Revolusi lndustri 4.0".




Artikel Terkait:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar