Refleksi 5 Target Ngeblog di Tahun 2020 dan Rancangan Tahun 2021

Refleksi 5 Target Ngeblog di Tahun 2020 dan Rancangan Tahun 2021 ~ Sepertinya belum lama posting target ngeblog tahun 2020. Ee...sekarang

Refleksi 5 Target Ngeblog di Tahun 2020 dan Rancangan Tahun 2021 ~ Sepertinya belum lama posting target ngeblog tahun 2020. Ee...sekarang

Sudah melebihi tanggal..he he

Namun demikian beberapa ada yang belum tercapai sesuai harapan.

Sebenarnya tidak banyak, targetnya, namun kualitas dari masing-masing target diharapkan tercapai 75%.

Apa saja 5 Target Ngeblog di Tahun 2020?

Rutin Update Postingan


Jujur di tahun 2019 ini, admin jarang ngeblog, dalam artian update postingan baru. Ingin tahu kenapa? Salah satu penyebab klasik adalah karena kesibukan di dunia nyata. Namun sebenarnya ada juga sih faktor lain. Luka lama kembali kambuh, admin punya blog yang sudah punya visitor banyak dan juga sudah sering mendapatkan penghasilan dari blog tersebut. Akhirnya ke banned lagi, untuk yang kedua kali.

Pusing deh, namun gimana lagi seperti tidak bisa terobati, akhirnya domain tidak admin perpanjang. Padahal tadinya dalam 2 jam acara tertentu bisa tembus $20. Ya, keteledoran sendiri sih, tapi tidak mengapa, sekarang di tahun 2020 saatnya bangkit kembali.

Update postingan baru dikarenakan hanya blogger part-time, maka targetnya adalah seminggu sekali, sehingga minimal sesuai target capaian sebulan 3 postingan baru (untuk blog ini, blog lain bisa juga sama). Sisanya update postingan lama.

Refleksi : Lumayan bisa update rutin, walau bukan pada blog ini, namun pada blog untuk pembelajaran, yaitu https://www.edu-math.com/  

Rancangan ngeblog tahun 2021 : berharap tetap bisa konsisten terutama pada blog pembelajaran, dan harapannya pada blog yang lain juga.

Uprek Template


Ini sebenarnya pekerjaan yang kadang bisa menjadi penyakit, jadi lupa untuk update postingan. Namun ini adalah tantangan untuk meningkatkan ketrampilan diri. Namun dibatasi jangan terlalu lama dan terlalu asyik, sehingga tidak update postingan.

Target, dalam satu tahun syukur-syukur bisa design template sendiri, minimal 1. adapun redesign paling tidak 4 dalam satu tahun.

Refleksi : Uprek template tetap dilaksanakan, namun demikian belum bisa sampai dengan design template.

Rancangan ngeblog tahun 2021 : berupaya untuk mewujudkan redesign template, syukur bisa design sendiri. He he...walaupun berat juga, namun diupayakan, biar cemunguut.

Mendesain Soal Online


Ini yang sebenarnya menjadi tugas admin, selaku guru. Selain mempersiapkan untuk peserta didik, juga bisa untuk melengkapi blog ini.

Target sebulan bisa menghasilkan satu soal online, sehingga dalam satu tahun minimal tercapai sesuai target capaian adalah 9 soal online.

Refleksi : sepertinya target ini bisa 100% terwujud, karena memang mendukung admin sebagai guru untuk memberikan soal-soal kepada peserta didik. Baik yang soal mirip UNBK, google formulir, bahkan yang terkini form office 365.

Rancangan ngeblog tahun 2021 : Desain soal online terus akan ditingkatkan, karena sangat mendukung admin selaku pendidik. Bahkan admin gunakan sebagai karya inovasi, dengan harapan dapat point 4, minimal 2.

Mengoptimasi Postingan Yang Sudah Ada


Ini adalah kemampuan untuk meningkatkan teknik SEO, sehingga harapannya akan menunjang pada target ke-5.

Refleksi : Ini sudah admin lakukan, namun demikian karena target kata kunci juga tidak dilaksanakan, maka walau sudah teroptimasi, namun belum bisa mendukung target nomor 5.

Rancangan ngeblog tahun 2021 :  Tetap menggunakan jurus ini untuk meningkatkan optimasi blog

Target Penghasilan dari Blog


Seperti yang sebelumnya admin sampaikan di target nomor satu, motivasi kuat untuk kembali bisa pencairan penghasiaan dari blog. Target tahun 2020, bisa pencairan sampai 4 kali, seberapapun itu hasilnya. Tahun berikutnya baru peningkatan digitnya.

Refleksi : Target ini termasuk belum berhasil, semoga kede pan tetap menjadi target sampingan yang kembali ke masa lalu, yang lumayan menggiurkan.

Rancangan ngeblog tahun 2021 : Berupaya untuk mengoptimalkan sehingga menjadi penyemangat saat blogging

Dan semoga apabila dberi umur panjang, nantinya di akhir tahun depan, bisa review penghasilan. Untuk penyemangat pribadi (bila mungkin) hehe...

Bagaimana dengan target pembaca di tahun 2021? Sudah dipersiapkan, semestinya dimulai dari sekarang untuk membuat target.

Happy blogging....