Latar Belakang KSN 2020

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selalu melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat siswa dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, baik SD, SMP mapun SMA.

Upaya yang dilakukan diantaranya melalui berbagai lomba dan kompetisi baik nasional maupun internasional. OSN atau saat ini dikenal sebagai Kompetsi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetsi ini juga merupakan bagian pentng dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetsi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para siswa. Maka, melalui sistem kompetsi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi siswa untuk mengekplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.


Back to Top ↑

Materi KSN 2020

Materi KSN SD tahun 2020, sesuai dengan pedoman pada tahun sebelumnya adalah Bidang Matematika dan Bidang IPA, untuk lebih detail bisa membaca postingan sebelumnya tentang  Materi OSN (KSN) SD Tahun 2020.

Adapun untuk jenjang SMP Bidang yang lombakan adalah Matematika, IPS dan IPA. Adapun untuk untuk lebih lengkap silakan baca Materi dan Silabus Siap OSN (KSN) Matematika SMP Tahun 2020.

Untuk bidang yang diujikan sama dengan 2019 atau tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 9 mata uji, Matematika, Fisika, Kimia, Informatika Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi. Lanjut ke Jadwal Resmi KSN 2020.

Back to Top ↑

Jadwal KSN 2020

Ini yang memang sedang ditunggu yaitu Jadwal Resmi Kompetisi Sains Nasional (KSN OSN) 2020, Dalam Kompetisi Sains Nasional 2020 (KSN) Tahun 2020 ini, sama halnya seperti pada tahun sebelumnya, tahapan-tahapan seleksi. Diawali dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, lanjut tingkat provinsi dan terakhir nasional.

Berikut ini Prediksi Jadwal Seleksi Kompetisi Sains Nasional 2020 (KSN) Tahun  2020:


  1. Seleksi KSN tingkat Sekolah (KSN-S) : Januari-Februari 2020, tempat di masing-masing sekolah
  2. Seleksi KSN tingkat Kabupaten / Kota (KSN-K) : Februari-Maret  2020, tempat yang ditunjuk oleh Kabupaten/Kota
  3. Seleksi KSN tingkat Provinsi (KSN-P) : April 2020
  4. Tempat / Lokasi yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi
  5. Seleksi KSN tingkat Nasional (KSN) : 21 – 27 Juni 2020
  6. Tempat / Lokasi di Bangka Belitung

Jadwal Resmi KSN 2020, sambil nunggu info selanjutnya akan admin update (Insha Allah)

Back to Top ↑
Semoga bermanfaat dan salam sukses mengerjakan Soal KSN di tahun 2020 ini.