Fungsi Rank pada Excel

Bagi bapak/ibu guru yang terbiasa mengolah nilai tentunya tidak asing dengan microsoft excel. Karena microsoft excel cukup lumayan baik digunakan untuk mengolah hasil peringkat pada tes penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS), penilaian akhir semester maupun penilaian akhir semester.

Sehingga fungsi rank sangat memudahkan dan membantu dalam pengolahan data.

Back to Top ↑

Rumus Fungsi Rank

Microsoft excel telah menyediakan fasilitas untuk merangking nilai dari suatu data. Penulisannya menggunakan aturan :

RANK(Angka;Referensi;[order])


Pada komputer tertentu titik koma diganti dengan koma.
Keterangan :

  1. Angka : Merupakan nilai angka yang akan kita cari ranking atau peringkatnya. 
  2. Referensi : Merupakan sekumpulan nilai angka dapat berbentuk array, referensi sel atau daftar angka sebagai acuan perankingan atau pemeringkatan. 
  3. [order] : angka 0 atau 1 sebagai acuan pengurutan daftar nilai (Referensi) untuk menentukan ranking atau peringkat. - Jika bernilai 0 atau dikosongkan maka daftar nilai seolah-olah akan diurutkan secara descending atau menurun. - Jika bernilai 1 maka daftar nilai akan diurutkan secara ascending atau dalam urutan naik.


Back to Top ↑

Contoh Penggunaan Fungsi Rank


=RANK(C2;$C$2:$C$11;0)

Pada rumus excel tersebut nilai yang akan kita cari rankingnya adalah cell C2 (90) dengan refrensi daftar nilai $C$2:$C$11. Kenapa ada tanda $ pada rumus excel? ini bertujuan agar saat kita copykan ke bawah rumus tersebut, range data atau daftar nilai tersebut tidak berubah.



Back to Top ↑
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.