Soal Siap UCUN I Bahasa Indonesia SMP Tahun 2021

Soal UCUN I Matematika SMP Tahun 2020 ~ Selamat bertemu dengan Mr Hadi Dot Com, kembali admin akan berbagi soal siap Ujian Nasional 2020 jenjang SMP dan juga Sukses Ujian Sekolah jenjang SMP Tahun 2020, terutama mata pelajaran yang diujikan secara nasional di SMP. Seperti halnya pada tahun-tahun sebelumnya, tentunya Uji Coba Ujian Nasional atau biasa dikenal sebagai UCUN menjadi sarana bagi siswa untuk mempersiapkan diri jelang Ujian Sekolah maupun UN-UNBK.

Soal-soal UCUN sudah disiapkan sedemikian rupa, paska munculnya Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2020, sehingga diharapkan sangat cocok untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN-UNBK) maupun Ujian Sekolah (US).

Soal UCUN I Matematika SMP Tahun 2020 ~ Selamat bertemu dengan Mr Hadi Dot Com, kembali admin akan berbagi soal siap Ujian Nasional 2020 jenjang SMP dan juga Sukses Ujian Sekolah jenjang SMP Tahun 2020, terutama mata pelajaran yang diujikan secara nasional di SMP. Seperti halnya pada tahun-tahun sebelumnya, tentunya Uji Coba Ujian Nasional atau biasa dikenal sebagai UCUN menjadi sarana bagi siswa untuk mempersiapkan diri jelang Ujian Sekolah maupun UN-UNBK.

Soal-soal UCUN sudah disiapkan sedemikian rupa, paska munculnya Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2020, sehingga diharapkan sangat cocok untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN-UNBK) maupun Ujian Sekolah (US).

Adapun pada update sebelumnya juga sudah admin bagikan Soal UCUN I Matematika SMP Tahun 2020, silakan baca dan download di Soal UCUN I Matematika SMP Tahun 2020

Berikut ini admin sharingkan 2 (dua) paket, yaitu Paket A dan Paket B, diharapkan dapat menjadi semakin variasi untuk mempersiapkan UN UNBK SMP dan Ujian Sekolah tentunya.

Soal UCUN Bahasa Indonesia Paket A

Contoh cuplikan soal Paket A :
8. Bacalah teks berikut!
Tujuan hidup apa pun dapat dicapai jika didukung dengan situasi kesehatan yang baik. Sayangnya kita tidak pernah tahu kapan akan menderita sakit dan bagaimana cara menyiapkan dana untuk biaya pengobatan yang terus meningkat. Apalagi jika didiagnosa penyakit gawat yang biaya pengobatannya tidak murah. Penggunaan kata yang tidak tepat pada teks tersebut adalah ….
A. situasi dan gawat
B. didiagnosa dan kunci
C. sayangnya dan gawat
D. didukung dan menyiapkan

9. Bacalah teks berikut!
Aku sampai di pelataran yang luas angin berhembus dari Gunung Gede. Tidak lama kemudian keluarlah seorang pelayan membawa wadah berisi tapai bandung dan talas bogor. Ejaan yang tidak tepat pada teks tersebut adalah ….
A. pelataran dan keluarlah
B. Gunung Gede dan talas bogor
C. tapai bandung dan di pelataran
D. berhembus dan tapai bandung

10. Bacalah teks berikut!
Ketika musim dingin tiba,(1) Belalang mendapati dirinya lemah,(2) karena kelaparan, sementara itu Semut terlihat berbahagia dan bersenang-senang. Mereka  membagikan,(3) setiap hari,(4) jagung dan biji-bijian dari lumbung makanan yang  mereka kumpulkan di musim panas. Penggunaan tanda koma (,) yang tidak tepat pada teks tersebut adalah ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

11. Bacalah teks berikut!
Gelandangan adalah seorang yang hidup dalam keadaan yang tidak mempunyai tempat tinggal, tidak memiliki pekerjaan tetap, dan mengembara di tempat-tempat umum. Gelandangan dipandang  hidup tidak sesuai dengan norma kehidupan yang layak dalam masyarakat. Mereka umumnya tidak mempunyai keterampilan. Pengemis adalah seorang yang mendapat penghasilan dengan meminta-minta di tempat umum. Mereka melakukannya dengan berbagai cara dan alasan untuk mendapatkan belas kasihan dari orang lain. Bahkan mengemis dijadikan sebagai mata pencaharian. Ide pokok teks tersebut adalah .…
A. mengatasi gelandangan dan pengemis
B. pengertian gelandangan dan pengemis
C. perbedaan gelandangan dengan pengemis
D. cara yang digunakan gelandangan dan pengemis

Untuk download lebih lengkap soal silakan langsung ke Download Soal

Back to Top ↑

Soal UCUN Bahasa Indonesia Paket B

Cuplikan contoh soal Paket B:
20. Bacalah bagian-bagian teks berikut!
(1) Seseorang yang suatu hari mendapat informasi akan terjerat pada isi informasi. Setelah orang tersebut meyakini kebenaran informasi tersebut, ternyata itu hanya hoax. Mereka sudah menyebarkan berita tersebut.
(2) Keberadaan berita saat ini susah dilacak kebenarannya. Beredarnya berita hoax menjadi masalah tersendiri di masyarakat. Bahkan berita hoax pun bisa menjadi berita hoax.
(3) Maka sebelum kita meyakini kebenaran/ ketidakbenaran berita tersebut kita harus menelitinya dari sumber awal. Selain itu kita juga dapat menyandingkannya dengan berita serupa.
(4) Namun bahayanya, ketika informasi itu benar  karena sering termakan berita hoax menjadi tidak mempercayainya. Hal ini wajar karena mereka sudah sering terpapar berita hoax. Ironisnya berita benar pun bisa menjadi ‘hoax’ karena sudah dihoaxkan oleh pihak yang merasa dirugikan oleh berita tersebut.
Teks tersebut akan menjadi teks eksplanasi yang benar dengan urutan ….
A. (1), (3), (4), (2)
B. (2), (1), (4), (3)
C. (2), (4), (1), (3)
D. (4), (2), (3), (1)

21. Perhatikan langkah-langkah teks berikut!
(1) Pada kunjungan keduanya itulah Prasasti Curug Dago dibuat. Diguratkan di atas batu, jejaknya abadi. Pada 12 Agustus 1929, Prasasti Curug Dago bertambah satu. Kali ini dibuat Raja Prajadhipok, datang untuk nampak tilas ayahnya, Culalongkorn.
(2) Awal abad ke-20, Curug Dago di Kota Bandung adalah ikon kuat. Kehadirannya menjadi salah satu saksi wisata alam yang sedang mekarmekarnya di Cengkuang, Bandung. Kini, keelokannya tak seindah dulu.
(3) Kedatangan Raja Prajadhipok bisa dikatakan luar biasa. Beliau adalah wajah baru Siam. Ide dan pikirannya maju. Jiwa petualangan membawanya menjelajah ke luar negeri belajar beragam kebudayaan dan kemajuan teknologi. Indonesia menjadi salah satu negara yang dikunjungi selain Malaysia dan beberapa negara Eropa.
(4) Awalnya bermula dari Raja Thailand, Culalongkorn II yang mempopulernya. Raja datang dua kali ke Curug Dago.

Kunjungan pertamanya tahun 1896. Datang lagi lima tahun kemudian. Teks tersebut akan menjadi teks eksplanasi yang baik dengan urutan ….
A. (2), (3), (4), (2)
B. (2), (4), (1), (3)
C. (3), (1), (2), (4)
D. (4), (2), (3), (1)

48. Perhatikan teks berikut! Hal yang satu ini sering kali sulit kita lakukan. Kita sering kali tidak mau mengakui kelemahan kita. Kelemahan akan mengganggu dalam pergaulan. Kita sering kali mengandalkan penilaian orang lain semata terhadap kelemahan kita. Padahal sebenarnya jika kita jujur, diri kita sendirilah yang lebih tahu kelemahan kita.
Alasan ketidakpaduan teks tersebut adalah .…
A. terdapat kalimat yang tidak padu
B. hal yang dibicarakan berganti-ganti
C. penggunaan konjungsi yang tidak tepat
D. kalimat pertama tidak terdapat subjeknya

49. Perhatikan kalimat berikut!
Mereka mengerjakan pekerjaan rumah (PR) Bahasa Indonesia dikontrakan Gunansah.
Alasan ketidaktepatan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah .…
A. kata dikontrakan menunjukkan tempat ditulis dipisah
B. kata PR sudah umum tidak perlu dituliskan lengkapnya
C. kata kepanjangan dari singkatan ditulis dengan menggunakan huruf kapital
D. kata bahasa bukan menunjukkan judul ditulis dengan menggunakan huruf kecil

50. Perhatikan kalimat berikut!
Setiap pagi; kami selalu melihat Kong Sanip menjemur sarung, bantal, dan kasurnya.

Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah .…
A. koma (,) tidak digunakan di depan konjungsi dan pada pemerian
B. titik koma (;) hanya digunakan untuk pemerian yang ditulis berutut ke bawah
C. titik koma (;) digunakan apabila terdapat urutan kalimat dalam kalimat majemuk
D. koma (,) tidak digunakan pada pemerian yang diletakkan di bagian akhir kalimat

Back to Top ↑

Download Soal UCUN Bahasa Indonesia Paket A dan Paket B

Bagi yang berkenan untuk unduh :

  1. Soal UCUN Bahasa Indonesia Paket A, di sini 
  2. Soal UCUN Bahasa Indonesia B, di sini


Back to Top ↑
Semoga bermanfaat dan salam sukses mengerjakan Soal Ujian Sekolah (US) dan UNBK Bahasa Indonesia SMP di tahun 2020 ini.