Persiapkan KSN 2020 dengan Memahami Silabus Olimpiade Sains Nasional Tahun 2019, 2018

Belajar Silabus Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2018 untuk KSN 2020 ~ Bapak ibu pengampu bimbingan Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau jika sekarang disebut sebagai Kompetisi Siswa Nasional (KSN) tentunya sudah sejak awal pelajaran 2019/2020 mempersiapkan para peserta didiknya untuk mengikuti ajang KSN 2020. Agar dalam pembimbingan terarah, sambil menunggu Silabus Kompetisi Sains Nasional Tahun 2020 rilis, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan silabus tahun 2018 sebagai acuan dalam pembimbingan.

Belajar Silabus Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2018 untuk KSN 2020 ~ Bapak ibu pengampu bimbingan Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau jika sekarang disebut sebagai Kompetisi Siswa Nasional (KSN) tentunya sudah sejak awal pelajaran 2019/2020 mempersiapkan para peserta didiknya untuk mengikuti ajang KSN 2020. Agar dalam pembimbingan terarah, sambil menunggu Silabus Kompetisi Sains Nasional Tahun 2020 rilis, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan silabus tahun 2018 sebagai acuan dalam pembimbingan.


Berdasarkan pada Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Menengah Pertama, pada tahun-tahun sebelumnya dan juga silabus OSN Tahun 2018, bahwasannya Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tahun 2018, 2019 (untuk tahun 2020 kita akan kami update jika sudah rilis silabus osn 2020) memuat kompetensi dan lingkup materi yang akan diujikan pada kegiatan OSN. Materi dalam silabus ini mengacu kurikulum yang berlaku dan silabus olimpiade internasional. Isi silabus ini terdiri atas tiga bidang yang dilombakan yaitu Matematika, IPA, dan IPS.

Setelah rilisnya Silabus Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tahun 2020 diharapkan dapat menjadi panduan dan berfungsi menyatukan pemahaman dan menyamakan interpretasi para guru dan pembina dalam menyiapkan siswa untuk menghadapi Kompetisi Sains Nasional pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional, sekaligus memperjelas arah pembinaan Matematika, IPA, dan IPS.

Baca Juga : Materi KSN Matematika SMP Tahun 2020

Berikut gambaran Silabus Olimpiade/Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tahun 2020

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
BAB II KOMPETENSI DAN LINGKUP MATERI
A. Matematika
B. Ilmu Pengetahuan Alam
C. Ilmu Pengetahuan Sosial
BAB III PENUTUP

BAB I
PENDAHULUAN

Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan salah satu kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan pembangunan Sumber Daya
Manusia dalam bidang sains. KSN SMP merupakan ajang silaturahmi para pencinta Sains tingkat SMP sekaligus wahana kompetisi bagi siswa/i SMP/MTS negeri/swasta dan yang sederajat di seluruh Indonesia di bidang studi : Matematika, IPA, dan IPS.

KSN dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, hingga provinsi. Peserta KSN SMP Tingkat Nasional adalah siswa/i yang telah berhasil lulus seleksi untuk setiap tingkatannya.

Hadirnya KSN diharapkan mampu meningkatkan atmosfer kecintaan terhadap dunia sains sekaligus menanamkan suasana kompetitif, sportif, produktif dan jujur antar siswa SMP sejak dini.
Sejak KSN SMP dilaksanakan, banyak sekolah yang telah termotivasi untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS. Hal tersebut mengindikasikan bahwa dampak positif dari kegiatan KSN sudah nampak dan menjadi gerakan nasional untuk mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan sains mulai dari tingkat sekolah, pembinaan kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan hingga di level nasional. Agar dampak positif tersebut dapat meluas, perlu dukungan informasi yang dapat membantu sekolah dalam rangka akselerasi pemahaman program peningkatan mutu pembelajaran bidang studi Matematika, IPA, dan IPS. Diharapkan buku silabus ini dapat memberikan informasi bagi pihak-pihak terkait untuk mempersiapkan peserta
didik untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional tingkat SMP tahun 2020.

BAB II
KOMPETENSI DAN LINGKUP MATERI

Lingkup materi silabus KSN didasarkan kepada Kurikulum 2013 dan silabus olimpiade internasional. Dari ruang lingkup tersebut diperoleh materi-materi soal yang sesuai kebutuhan KSN, selanjutnya materi ini dituangkan dalam silabus KSN. Kompetensi yang diharapkan dari peserta KSN adalah keterampilan-keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills atau HOTS).

Lingkup materi yang tercantum dalam silabus ini merupakan bahan acuan untuk menyusun kisi-kisi soal KSN dan naskah soal KSN yang dapat diinterpretasikan ke dalam tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda. Tingkat kesulitan tersebut dibuat berjenjang, soal untuk tingkat provinsi relatif lebih sulit dibandingkan tingkat kabupten/kota, dan soal tingkat nasional relatif lebih sulit dibandingkan dengan tingkat provinsi. Dengan demikian kompetensi ruang lingkup materi dalam KSN adalah sebagai berikut ==> Download Silabus dan Materi KSN Matematika SMP Tahun 2020




Semoga dengan memahami Silabus Olimpiade Sains Nasional Tahun 2018, 2019 di atas diharapkan dalam mempersiapkan OSN 2020 dapat lebih maksimal.

Mari kita tunggu rilisnya Silabus Olimpiade Sains Nasional Tahun 2020....Salam sukses OSN 2020

Orang juga bertanya : Kapan OSN OSN 2020, Apa Itu OSN IPA, Apa yang dimaksud OSN, Apa kepanjangan OSN

Pencarian relevan : Download Silabus OSN SMP Tahun 2020, Download Silabus OSN SMA Tahun 2020, Download Silabus OSN Matematika SMP Tahun 2020, Download Silabus OSN IPA SMP Tahun 2019, Download Silabus OSN IPS SMP Tahun 2020