Perlukah Sumbit Artikel Ke Google Webmaster

Bagi pembaca yang sudah terbiasa ngeblog dan update artikel tentunya sudah biasa dengan kirim artikel baru ke Google Webmaster.

Namun demikian bagi blogger pemula kadang belum tahu pentingnya kirim artikel ke google webmaster. Bahkan kadang-kadang bertanya saya sudah sering update, dan artikel juga original, tapi kok belum juga terindek di mesin pencari ya.

Pertanyaan itu tentunya muncul seperti halnya saat admin awal-awal ngeblog, namun demikian untuk saat ini khusus pada blog ini, setiap update artikel baru, biasanya setelah beberapa waktu, admin submit artikel baru ke google webmaster.

Kembali ke sub topik, Perlukah saat ini admin blog untuk submit artikel ke google webmaster? Berikut admin sampaikan berdasr pengalaman pribadi.

Versi pertama perlu, dengan alasan membantu mempercepat google untuk mendeteksi ataupun mengindeks artikel kita masuk dalam indeks google. Karena kadang kita update ada juga orang lain yang memiliki kontent serupa dengan artikel kita.

Biasanya apabila kita kirim/submit artikel dalam beberapa menit akan terindeks (bisa 3 atau 5 menit), namun kadang sampai beberapa waktu belum juga keindeks. Mungkin nunggu antrian. Semakin unik artikel kita bisa jadi lebih cepat terindeks oleh google.

Versi kedua tidak perlu. Lho kok malah tidak perlu? Ya admin sendiri kadang uji coba, ketika update postingan baru tidak admin submit artikel ke google webmaster, namun selang beberapa waktu akan di submit, ternyata sudah terindeks.

Bahkan di blog yang admin kelola, ada satu blog yang memang sengaja tidak admin submit ke google webmaster, namun tetap juga beberapa artikel sudah terindeks secara otomatis oleh google.


Back to Top ↑

Cara Submit Artikel Ke Google Webmaster

Cara mudah submit artikel postingan ke google webmster adalah, silakan menuju halaman https://www.google.com/webmasters/tools/dashboard. Apabila dengan membuka halaman tersebut pembaca dibawa ke tampilan search console versi lama, silakan ganti ke versi baru.

Silakan copy URL artikel yang baru saja diposting. Perlu diketahui bahwa tujuan kita melakukan ini adalah untuk mempercepat proses pengindeksan. Selanjutnya pastekan URL tersebut pada kolom yang telah disediakan lalu tekan enter.

Google Search Console akan bekerja memeriksa apakah url yang pembaca input sudah terindeks atau belum. Jika sudah maka ada laporannya yang menyatakan bahwa url tersebut sudah di indeks. Jika belum, silakan minta minta pengindeksan dengan mengklik tombolnya. Situs kembali bekerja untuk mengirimkan permintaan.

Setelah itu tunggu beberapa saat hingga mesin pencari melakukan permintaan yang telah diajukan, biasanya tidak sampai satu jam (tergantung mesin bekerja) dan artikel baru pembaca sudah terindeks oleh mesin pencari.

Back to Top ↑

Kapan Sebaiknya Submit Url Ke Google Webmaster?

Simpulannya, kapan sebaiknya kita submit artikel baru ke google webmsater? Saran admin ada tiga hal untuk diujicobakan, yang pertama setelah selesai posting silakan segera  untuk kirim artikel baru ke google webmaster, saran kedua tidak usah tergesa untuk mengirim artikel baru ke google webmster, biarkan google secara alami yang merayapi, baru setelah sekitar 12 jam dicek submit ke google webmaster, sambil melihat sudahkan diindeks oleh google.

Saran ketiga, apabila pembaca baru saja update postingan lama, silakan untuk segera artikel tersebut dikirim ke google webmaster, agar segera terindeks updatenya
Back to Top ↑

Semoga bermanfaat, dan terus berkarya.