Skip to main content
MR HADI DOT COM

follow us

5 Cara Mudah Meningkatkan Alexa Rank Blog

Cara Meningkatkan Meningkatkan Alexa Rank Blog Anda dalam 5 Langkah Sederhana
Oleh Hadi Setyo Blog

Bagi Anda yang telah lama ngeblog ataupun baru saja berkecimpung dalam dunia Blogging mungkin tahu bahwa pengunjung suatu blog menentukan kesuksesan blog Anda, namun ada hal perlu dicermati selain itu, yaitu ada ciri blog yang memiliki pengunjung lumayan dalam setiap harinya melalui indikator Alexa Rank Blog yang semakin kecil. Semakin banyak pengunjung, semakin Alexa Rank Blog Anda semakin rendah, yang akan berimpilikasi pada meningkatnya penghasilan (dari google adsense atau alternatig google adsense).


Namun sepertinya tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk meningkatkan Alexa Rank Blog. Bahkan pengunjung blog tidak berubah atau malah cenderung berkurang dari hari ke hari meskipun Anda rajin update atau memublikasikan postingan.

Nah daripada pusing memikirkan hal tersebut, lebih baik Anda melakukan tujuh langkah sederhana berikut.

1. Mengevaluasi kecepatan blog
Evaluasilah kecepatan blog Anda di PageSpeed Insights atau bisa juga cek di Pingdom Tools maupun GTMetrix. Jika ternyata waktu untuk mengaksesnya cepat, Anda bisa melangkah ke tahap selanjutnya. Jika ternyata sebaliknya, cari beberapa penyebabnya. Jika template yang digunaka, segeralah untuk ganti template fast loading cepat dan responsive tentunya. Bila perlu beralihlah ke AMP. Namun  hosting penyebabnya, pindahkan blog Anda ke penyedia hosting lain sehingga blog Anda lebih cepat dibuka.

Perlu diketahui bahwa, kecepatan loading blog tidak mutlak menjadi blog Anda di halaman pertama, namun kecepatan blog Anda berpengaruh terhadap peringkat blog Anda di hasil pencarian Google. Hal ini karena Google memasukan kecepatan blog/website sebagai salah satu faktor pemeringkatan di algoritmanya.

2. Membuat postingan berkualitas
Cara klasik dan terbaik untuk meningkatkan Alexa Rank Blog yang tentunya secara otomatis meningkatkaan trafik adalah dengan membuat postingan berkualitas, karena Content is The King. Buatlah postingan berkualitas berbasis pengalaman Anda. Jangan memaksakan diri untuk membuat postingan yang diluar kemampuan kita, kecuali melalui jalur membeli content

3. Membuat judul postingan yang menarik
Setelah sukses membuat postingan berkualitas, yang tidak kalah penting adalah postingan berkualitas Anda harus memiliki judul  yang menarik. Hal ini karena bisa jadi banyak yang sudah membahas dengan topik sejenis. Sehingga semakin menarik judulnya, semakin penasaran orang untuk membacanya.

4. Membidik long tail keyword
Bila blog Anda belum juga mendapatkan pengunjung dari kata kunci yang besar pencarian bulanannya? Jika ya, coba ubah strategi Anda dengan membidik kata-kata kunci berekor panjang (long tail keywords). Kata kunci ini bercirikan memiliki 3 suku kata atau lebih dengan pencarian bulanan yang tidak banyak (misal 100-500 pencarian).

Dengan menargetkan long tail keyword (LTK), peluang blog Anda masuk halaman 1 Google lebih besar. Al hasil jika beruntung maka, pengunjung blog akan meningkat yang akan berimplikasi pada Meningkatkan Alexa Rank Blog.

5. Membidik kata kunci yang sedang trend
Ada baiknya untuk mencoba kata kunci yang sedang trend di dunia blogging. Contoh ada rilis baru sebuah template premium, ada baiknya untuk mencoba Sharing Template Premium Versi Gratis. Beberapa blog yang semat saya kunjungi dan ternyata Alexa Rank Blog sudah meningkat (kecil) diantaranya adalah sharing template. Sebagai Contoh : Download Viomag Template Premium Gratis dan sebagainya. Atau bahkan yang lainnya, namun ya tentunya harus ijin dengan sang pemiliknya.


Dengan mengetahui lima cara di atas, Anda tidak perlu stres atau bertanya-tanya kepada banyak orang tentang cara Meningkatkan Alexa Rank Blog Anda. Selanjutnya yang Anda perlukan adalah melakukan semua (atau beberapa) cara di atas secara konsisten sehingga cepat atau lambat pengunjung blog Anda bertambah.

Cara sederhana apalagi yang akan Meningkatkan Alexa Rank Blog? Silakan sharing...

Artikel Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar