Pedoman OSN Jenjang SMA Tahun 2019

Pedoman (Juknis) OSN SMA Tahun 2019. Info baru bagi bapak/ibu yang mengajar di jenjang SMA, bahwa informasi tentang OSN tahun 2019 sudah ada. Bagi yang menghedaki Panduan OSN Jenjang SMA Tahun 2019 bisa didapatkan di laman ini. Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara konsisten terus mengembangkan program pembinaan olah pikir peserta didik melalui kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN).  Sampai saat ini OSN meliputi 9 (sembilan) bidang keilmuan, yaitu: bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

Olimpiade Sains Nasional atau OSN hampir setiap tiap tahun diagendakan oleh Pembinaan SMA, demikian pula untuk OSN jenjang SMP. OSN diselenggarakan selain sebagai upaya untuk meningkatkan komptensi sains, teknologi, dan matematika, kegiatan ini juga sesungguhnya adalah wahana  untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh dan cinta tanah air. Hasil OSN selanjutnya akan menjadi calon-calon duta bangsa yang akan  kita diikutsertakan dalam olimpiade sains internasional.

Pencarian relevan : Panduan Juknis OSN SMP Tahun 2019

Sehingga OSN 2019 harus dapat  berjalan  dengan  sebaik-baiknya  dengan tahapan dari tingkat  sekolah, tingkat  kabupaten/kota  hingga  ke  tingkat  internasional.  Buku Panduan / Pedoman atau Juknis OSN SMA Tahun 2019 ini  dapat menjadi acuan bagi panitia Olimpiade Sains Kabupaten/Kota (OSK), Olimpiade Sains Provinsi (OSP), Olimpiade Sains Nasional (OSN), sekolah, guru, siswa dan bagi semua pemangku kepentingan  dalam mengikuti dan melaksanakan seleksi dengan sebaik-baiknya.

Buku Panduan / Pedoman atau Juknis OSN SMA Tahun 2019


Nah bagi adik-adik yang akan ikut OSN 2019 segera persiapkan diri ya, jangan lupa untuk membaca silabus dan mempelajari materi terkait dengan silabus OSN 2019, dan tentukan minta bantuan bapak/ibu pembimbing. Dan semoga lolos ditingkat kabupaten, lanjut lolos tingkat provinsi dan berlanjut ke Manado, Sulawesi Utara, pada 30 Juni sampai dengan 6 Juli 2019.

Berdasarkan Buku Panduan / Pedoman atau Juknis OSN SMA Tahun 2019, Bidang  sains  yang  dilombakan  pada  OSN SMA tingkat  Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional tahun 2019 terdiri atas:
1.   Matematika     
2.   Fisika       
3.   Kimia
4.   Informatika/Komputer
5.   Biologi
6.   Astronomi
7.   Ekonomi
8.  Kebumian
9.  Geografi

OSN Tahun 2019 merupakan tahapan untuk menyeleksi siswa yang akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang Olimpiade Sains Internasional Tahun 2020, diantaranya International Mathematical Olympiad (IMO) yang akan dilaksanakan di Rusia, International Physics Olympiad (IPhO) ) yang akan dilaksanakan Lithuania.  International Chemistry Olympiad (IChO) ) yang akan dilaksanakan Turki, International Olympiad in Informatics (IOI) ) yang akan dilaksanakan Singapura, International Biology Olympiad (IBO) ) yang akan dilaksanakan Jepang, International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) ) yang akan dilaksanakan Kolombia, International Earth Science Olympiad (IESO) ) yang akan dilaksanakan Rusia, International Geography Olympiad (IGeO) ) yang akan dilaksanakan Turki, dan International Economics Olympiad (IEO) ) yang akan dilaksanakan Kazakhstan.

Jadwal OSN Jenjang SMA Tahun 2019
Tahapan pelaksanaan OSN terdiri atas:
1. Tahapan seleksi tngkat sekolah disebut sebagai Olimpiade Sains Sekolah (OSS)
2. Tahapan seleksi tngkat kabupaten/kota disebut sebagai Olimpiade Sains Kabupaten/Kota (OSK)
3. Tahapan seleksi tngkat provinsi disebut sebagai Olimpiade Sains Provinsi (OSP)
4. Tahapan seleksi tngkat nasional disebut sebagai Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Pelaksanaan Olimpiade Sains dilakukan melalui seleksi secara berjenjang dengan urutan sebagai berikut:

Pelaksanaan OSK SMA 2019
1. Umum
a. OSK dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2019
b. Penilaian OSK dilaksanakan pada Minggu Pertama Bulan Maret 2019

Pelaksanaan OSP SMA 2019
1. Umum
a. OSP dilaksanakan oleh Panita Provinsi berkoordinasi dengan panita pusat.
b. OSP dilaksanakan pada tanggal 9 s.d. 11 April 2019

Pelaksanaan OSN SMA 2019
Manado, Sulawesi Utara, pada 30 Juni sampai dengan 6 Juli 2019.

Selengkapnya silahkan baca dan download Buku Panduan / Pedoman atau Juknis OSN SMA Tahun 2019 DI SINI atau kunjungi saja di psma.kemdikbud.go.id

Pencarian terkait : Pedoman OSN Jenjang SMA Tahun 2019, Jadwal OSN Jenjang SMA Tahun 2019, Hasil OSN Jenjang SMA Tahun 2019, OSN SMP 2019
Tags:
Reaksi:

Artikel Terkait:

Tambahkan aplikasi Mr Hadi Dot Com di smartphone tanpa install, buka Mr Hadi Dot Com dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Mr Hadi Dot Com dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar