Skip to main content
Mr Hadi Dot Com

follow us

9 Hal yang Menyebabkan Akun Adsense Banned

9 Hal yang Menyebabkan Akun Adsense Banned ~ Mendapatkan penghasilan tambahan yang instan melalui sebuah blog, dalam hal ini google adsense, siapa sih yang tidak ingin.

Tapi jika Blog atau akun adsense kena banned, apa saja sih penyebabnya? Banyak penyebabnya. Namun demikian perlu dicermati hal-hal yang kadang kita sendiri melakukan pelanggaran. Admin mengenal Google Adsense sejak 2009, sebelum support untuk blog bahasa Indonesia. Ada banyak cerita yang perlu sebagai pembelajaran hingga saat ini.

Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan akun adsense banned :

1. Klik sendiri iklan adsense
Seperti saat-saat awal mengenal Google Adsense, melalui teman yang ternyata saat itu membuka jasa pendaftaran google adsense. Google adsense belum mendukung untuk blog dengan konten Bahasa Indonesia. Admin sampai bingung juga, visitor tak kunjung datang, kalau di pasang di blog menggunakan bahasa Indonesia, hanya muncul tulisan layanan iklan masyarakat.

Siapa yang tidak pusing, akhirnya saat itu, terlintas untuk klik iklan sendiri di beberapa warnet. Memang sih satu dua hari aman, namun selanjutnya langsung banned.

Rekomendasi, jangan sekali-sekali untuk mencoba klik iklan google sendiri. ungkin satu dua kali aman, tapi berikutnya akan menanggung resiko banned akun.

2. Terjadi pelanggaran hak cipta
Pelanggaran hak cipta banyak juga penyebabnya. Bisa karena kopi paste artikel, kemudian yang punya konten melaporkan ke pihak google, otomatis akan ke banned, bisa blog nya bisa juga akun adsensenya.

Atau bisa juga blog menulis konten yang membagikan secara gratis, baik itu file, template, maupun yang sejenisnya padahal aslinya berbayar.

Seperti contoh, beberapa teman blogger ada yang membagikan template premium/berbayar denagn cara gratis, jika ada yang lapor, walaupun bukan pemiliknya yang lapor, ternyata blog atau malah bahkan akun adsensenya tidak bisa tayang. Bahkan dihapus dari hasil penelusuran.

Demikian juga bagi akun youtube yang menayangkan live streaming yang berhak cipta, padahal kita tidak punya hak untuk menyelenggarakan live streaming, maka ini termasuk pelanggaran, yang juga bisa berakibat fatal pada akun adsense.

Rekomendasi, tidak usah mencoba untuk berbagi hal yang memiliki hak cipta, karena akan melanggar TOS Google. 

3. Judul tentang live streaming, namun tautan live streaming tidak ada
Ini juga pernah admin alami, ketika posting seputar live streaming, tetapi saat itu lupa atau tidak menyediakan link live streaming. Ternyata blog langsung auto banned.

Atau juga blog yang menayangkan live streaming acara berhak cipta (misal televisi), apabila ada yang melaporkan, bisa jadi akun adsense kita tidak aman alias banned karena melanggar hak cipta.

Rekomendasi, apabila akan berbagi link streaming, persiapkan dahulu tautan blog yang tersedia layanan streamingnya. Bagi akun youtube, jangan sekali-sekali menayangkan acara live streaming yang berhak cipta, contoh acara siaran sepak bola dan lainnya.

4. Judul tentang tautan link download, namun tautan tidak ada
Berikutnya adalah tentang tautan download, namun tautan untuk download nya tidak ada. Ini akan dianggap memberikan informasi yang tidak tepat.

Rekomendasi, sebelum dipublish siapkan terlebih dahulu link download yang akan dibagikan.

5. Auto Blog
Auto blog pada awalnya menjadi alternatif bagi para blogger yang memang membuat blog untuk adsense. Bukan untuk pengguna, sehingga bahasanya pun kadang tidak karuhan. Bahkan ada yang hanya menggunakan layanan tertentu agar ketika blog target update, otomatis blog atuto generate ini akan update dengan sendirinya.

Bahkan dahulu ada yang membuka pelatihan khusus Auto Blog, dengan biaya cukup tinggi dan memberikan jaminan bisa pencairan dari google. Entah sekarang mereka masih menggunakan atau tidak, yang jelas akan melanggar TOS Google.

Rekomendasi, hindari ngeblog untuk mesin pencari, namun ngeblog untuk pengguna, sehingga blog ataupun akun adsense kita akan aman.

6. Ada unsur sensitif/SARA
Hala yang kadang tidak kita sadari adalah kita posting seputar hal-hal yang sensitif atau malah mengandung unsur SARA, ini untuk dihindari.

Contoh unsur sensitif, apabila kita berbagai rahasia negara, contoh : Soal Ujian Nasional (UN) yang belum dilaksanakan, alias berbagai bocoran soal ujian nasional (UNBK) untuk tahun yang belum dilaksanakan.

Admin pernah bekerjasama dengan akun adsense yang terferifikasi, dan pernah mendapat teguran untuk menghidari kalimat Download Soal Ujian Nasional, agar dihindari kata-kata download soal ujian nasional, namun disarankan tautan unduh soal ujian nasional. Intinya bukan hal yang sensitif.

7. Menyuruh orang lain klik iklan
Hal konyol selanjutnya adalah kita menyarankan orang lain untuk klik di blog kita, atau istilah lain berbagi klik atau exchange click.

8. Invalid activity
Invalid activity bisa diartikan aktivitas tidak valid, contoh kasus : saya membuat blog baru, kok selanjutnya dalam hitungan hari, mendadak visitor meningkat dan klik iklan adsensenya tinggi. Ini bisa jadi dianggap blog kita memiliki aktivitas yang tidak valid, bisa dicurigai menggunakan robot.

9. Bom Klik oleh orang lain
Terakhir adalah bom klik dari orang lain yang iseng pada kita. Tindak lanjut dari aktivitas tidak valid, biasanya berimbas pada aktivitas bom klik.

Rekomendasi, apabila ada aktivitas yang tidak biasa kita bisa mencopot untuk sementara kode adsense di blog kita. Bila sudah aman, pasang kembali.

Demikian sedikit berbagi 9 Hal yang Menyebabkan Akun Adsense Banned, selamat berhati-hati dan terus berkarya.

Terima kasih: Anda telah membaca postingan berjudul 9 Hal yang Menyebabkan Akun Adsense Banned dengan kategori: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Semoga bermanfaat.
Tambahkan aplikasi Mr Hadi Dot Com di smartphone tanpa install, buka Mr Hadi Dot Com dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Mr Hadi Dot Com dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar