Ini Kisi-kisi Soal HOTS UNBK SMP 2019

Kisi-kisi Soal HOTS UNBK SMP 2019  - Ujian Nasional (UN) pada tahun 2019 akan 100% berbasis Komputer, sesuai dengan kebijakan UN 2019 (kecuali pada kasus tertentu, berbasis kertas dan pencil). Ujian Nasional 2019 baik yang berbasis komputer (UNBK) maupun berbasis kertas (bila ada) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dimulai sesai Jadwal UN-UNBK 2019 (nunggu info terkini). Seperti halnya UN tingkat Sekolah Menengah Akhir (SMA), soal higher order thinking skills (HOTS) untuk jenjang SMP juga disisipkan, sesuai panduan 10% - 15%.

Baca lainnya : Info UNBK 2019



Pada pelaksanaan UN SMA, banyak yang mengeluh akan soal HOTS yang sulit. Keluhan itu disampaikan di media sosial.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebetulnya sudah memberikan kisi-kisi soal UN 2019 lewat situsnya di BSNP Indonesia/. Sehingga para siswa yang akan memiliki gambaran Soal UN 2019 dan bisa mempelajarinya lebih awal.

Baca juga: Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMP,SMA dan SMK Tahun 2019

Apa itu soal HOTS?


Higher order thinking pernah dikemukakan oleh seorang penulis sekaligus assosiate professor dari Dusquance University bernama Susan M Brookhart dalam bukunya How to Assess Higher-order Thinking Skills in Your Classroom (2010). Dia mendefinisikan model ini sebagai metode untuk transfer pengetahuan, berpikir kritis, dan juga pemecahan masalah.

Merujuk pada jurnal berjudul Higher Order Thinking Skills karya FJ King PhD, Ludwika Goodson PhD, dan Faranak Rohani PhD di Center for Advancement of Learning and Assessment, HOTS merupakan perpaduan empat hal, yakni kemampuan untuk memecahkan masalah, kemampuan berpikir kritis, berfikir kreatif, kemampuan berargumen serta kemampuan mengambil keputusan.



Baca Juga : Mengenal Soal HOTS

Ini kisi-kisi soal HOTS di UN SMP Tahun 2019 :