Materi OSN SD Tahun 2019 Sesuai Juklak OSN

Materi OSN SD Tahun 2019 - Selamat bertemu kembali dengan Mr Hadi Dot Com, kali ini Mr Hadi Dot Com akan sharing Materi OSN SD Tahun 2019. Setelah pada sebelumnya sudah sharing tentang Juklak OSN SD 2019, berikut adalah ulasan Materi OSN SD Tahun 2019.

Agar dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi soal OSN SD, maka guru maupun peserta harus mengenal terlebih dahulu materi yang harus dipelajari. Bahkan Silabus OSN SD juga perlu disimak.

Pencarian terkait : Silabus OSN SD Tahun 2019, Soal OSN SD 2019 dan Pembahasan 

Berikut gambara Materi OSN SD Tahun 2019 :

A. BIDANG MATEMATIKA
1. Tujuan
Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) bidang Matematika bertujuan meningkatkan kemampuan bernalar, berpikir kritis, analitik, kreativitas dan sportivitas peserta didik.

2. Materi

a. Aritmatik terdiri atas bilangan_bulat, bilangan-rasional dan representasinya (pembagian, desimal, dan presentase), perkalian dan pemfaktoran, urutan bilangan, pola bilangan, faktorkelipatan terbesar (FPB), dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK);

b. Geometri terdiri atas sifat-sifat poligon (segitiga, segi empat, jajar genjang, dan trapesium) dan lingkaran, sudut dan pengukuran, luas daerah, kubus, simetri, sertarefleksi dan rotasi;

c. Data dan pengukuran terdiri atas rata-rata, median, modus, serta representasi data dan interpretasinya;

d. Teknik menghitung;

e. Rekreasimatematika.

B. BIDANG IPA
1. Tujuan
Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bertujuan agar siswa mampu memahami dan menganallisis fenomena di alam sekitar.

2. Materi
a. Keterampilan dan metode ilmiah;
b. Pengklasifikasian makhluk hidup berdasarkan makanan, anatomi, sistematik, dan habitat;
c. Proses dan mekanisme yang terjadi pada makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme);
d. Interaksi organisme dengan lingkungan dan informasi mengenai hewan langka;
e. lsu, perkKembangan dan permasalahan umum tentang kesehatan, bioteknologi, lingkungan, dan teknologi:
f. Mekanika mencakup gerak benda, gaya, momentum, energi mekanik, tekanan, dan gravitasi;
g. Wujud benda mencakup sifat dan kegunaan benda padat, benda cair, dan gas;
h. Listrik dan kemagnetan mencakup listrik statis, listrik dinamis, sifat magnet, induksi elektromagnetik, dan aplikasinya;
|. Gelombang dan optik mencakup gelombang tali, bunyi, sifat-sifat gelombang, cahaya, gelombang elektromagnetik, dan alat optik (cermin, lensa, dan aplikasinya);
j. Suhu dan panas mencakup skala suhu, termometer, hantaran panas, dan perubahan wujud;
k. Energi dan perubahannya mencakup energi panas, energi bunyi, energi terbarukan, konversi energi, dan aplikasinya;
l. Atom mencakup inti atom dan elektron;
m. Bumi, tata surya, dan antariksa mencakup struktur bumi, atmesfer bumi, proses terbentuknya planet, struktur planet, iklim, rotasi dan revolusi benda langit, bintang, dan galaksi.

Ingin Download Materi OSN SD Tahun 2019 secara detail silakan Download Materi OSN SD Tahun 2019 melalui tautan di bawah ini :


Semoga "Materi OSN SD Tahun 2019" di atas bermanfaat dan salam sukses di OSN SD Tahun 2019.


Tags:
Reaksi:

Artikel Terkait:

Tambahkan aplikasi Mr Hadi Dot Com di smartphone tanpa install, buka Mr Hadi Dot Com dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Mr Hadi Dot Com dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar